Jakarta
Tokyo
London
New York
Sydney
Latest News :

Inflasi April Belum Direspon Positif, Rupiah Melemah

May 03, 2012

Mata uang Rupiah pada Rabu (2/5) bergerak melemah 10 poin seiring masih minimnya sentimen positif di dalam negeri.  Nilai tukar mata uang rupiah yang di transaksi antar bank di Jakarta hari ini bergerak melemah 10 poin menjadi Rp 9.190 dibanding sebelumnya di posisi Rp 9.180 per dolar AS.

Inflasi April yang sebesar 0,21 persen belum respon positif pelaku pasar uang di dalam negeri.  Penanganan krisis di Eropa yang belum meredakan kekhawatiran pelaku pasar keuangan global masih menjadi sorotan pelaku pasar. Kondisi itu membuat aset-aset berisiko belum diminati investor sehingga mempunyai kecenderungan melemah.

Otoritas Bank Indonesia (BI) masih mengintervensi pergerakkan rupiah terhadap mata uang asing terutama dolar AS agar terjaga fluktuasinya.  Meski rupiah mempunyai tren pelemahan sejaka Maret lalu, namun fluktuasinya masih terkendali, kondisi itu dinilai lebih baik. Diprediksi hari ini rupiah bergerak di kisaran Rp 9.180 – Rp 9.200 per dolar AS.

Di tengah ketidakpastian ekonomi global,  mata uang yang diminati investor adalah  nilai tukar Yen, dibanding dolar AS.  Kondisi AS yang ekonominya mengalami perlambatan membuat dolar AS juga kurang diminati.
Rupiah relatif akan terjaga pada hari ini di kisaran Rp 9.180 hingga Rp 9.190 per dolar AS.  Sentimen perdagangan hari ini diperkirakan positif terkait dengan data manufaktur di AS dan Cina yang naik, kondisi itu membuat rupiah masih terjaga.



Source: Financeroll
Share this Article on :

0 comments:

Post a Comment

Latest News

 

© Copyright KABAR MARKET 2011 | Powered by Blogger.com.