Jakarta
Tokyo
London
New York
Sydney
Latest News :

Gejolak Yunani Melambungkan Harga Emas

June 29, 2015

Harga emas melonjak sekitar 1% pada hari Senin seiring investor mencari aset aman di dalam logam mulia setelah krisis hutang Yunani telah menjadi semakin buruk selama akhir pekan lalu, dengan Athena terlihat lebih besar kemungkinannya untuk default dan keluar dari zona Euro. 

Harga emas spot naik hampir $14 menjadi $1,188.07/onz pada pagi ini dan saat ini bergerak dikisaran $1,181.35/onz pada pukul 09.28 WIB. 

Harga emas berjangka AS juga melonjak sekitar 1% ke sesi tertinggi di $1,187.60. 
Pembicaraan bailout antara pemerintahan Yunani dan kreditur asing menghasilkan hasil yang mengecewakan selama akhir pekan lalu dan European Central Bank membekukan dukungan pendanaan vital untuk bank Yunani, meninggalkan Yunani dengan sedikit pilihan untuk mematikan sistem untuk menjaga bank dari kejatuhannya. 

Kegagalan untuk mencapai sebuah kesepakatan dengan para kreditur meninggalkan Yunani berada di jalur untuk default 1.6 miliar euro dari pinjaman International Monetery Fund yang akan jatuh tempo pada hari Selasa. Athena harus membayar kembali miliaran euro kepada ECB dalam beberapa bulan mendatang. 

Default yang akan terjadi pada pinjaman IMF akan membuat Yunani tergelincir menuju pintu keluar zona Euro dan juga membawa implikasi yang luas untuk sistem keuangan global. Perdana Menteri Alexis Tsipras pada Jumat malam mengejutkan para kreditur untuk menyerukan refrendum pada apa yang dia katakan bahwa dia tidak dapat menerima persyaratan yang diajukan untuk mempertahankan negaranya dari kebangkrutan.

Source: monexnews.com
Share this Article on :

0 comments:

Post a Comment

Latest News

 

© Copyright KABAR MARKET 2011 | Powered by Blogger.com.