Jakarta
Tokyo
London
New York
Sydney
Latest News :

ASEAN dan ADB Siapkan Pembiayaan Infrastruktur

May 05, 2012

Negara anggota ASEAN dan Bank Pembanguan Asia (ADB) sepakat untuk membiyaai pembangunan infrastruktur dalam rencana ASEAN Infrastructure Fund (AIF) sebesar $4 miliar atau Rp36 triliun hingga 2010.

ASEAN
Pembiayaan yang disepakati oelh Komite AIF pada pertemuan ke 45 ADB di Manila Filipina kemarin ini akan digunakan untuk membangun jalan, jalur kereta api, pembangkit listrik, air bersih, dan kebutuhan infratruktur lain diseluruh negara anggota ASEAN.

Disampaikan oleh Direktur Jenderal Pelaksana Rajat Nag bahwa momen ini sangan menentukan bagi ASEAN untuk bekerja sama untuk mendongkrak lebih banyak perdagangan, pertumbuhan ekonomi,dan menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan.

Dalam kesepakatan ini AIF juga telah menyetujui pendanaan enam proyek pertahunnya dalam bentuk pinjaman dengan besar yang tidak melebihi $75 juta.

Proyek ini harus memberikan manfaat bagi masyarakat banyak seperti pengurangan kemiskinan, meningkatkan perdagangan ataupun mendoroing investasi.

AIF adalah anggaran khusus untuk infrastruktur yang dibiayai oleh negara ASEAN dan ADB. Awalnya dana yang disepakati lebih dulu sebesar $485 juta dimana ADB mengkontribusikan $150 juta dan sisanya dari negara ASEAN.

Penyumbang terbesar AIF adalah Malaysia sebesar $150 juta diikuti oleh Indonesia sebesar $129 juta. Modal awal ini ditargetkan akan terus naik hingga melampaui $4 juta pada 2020.

Sumber pendaan AIF juga akan berasal dari penerbitan obligasi dengan memanfaatkan cadangan valuta asing yang dimiliki oleh negara ASEAN. Saat ini cadangan valas tercatat mencapai $700 miliar.

Untuk kebutuhan pendanaan diperkirakan akan mencapai $600 miliar per tahunnya. AIF juga membentuk komite khusus yang nantinya bertugas untuk memilih proyek infrastruktur yang telah diajukan oleh negara ASEAN untuk kemudian dibiayai oleh AIF.

Markas terbesar komite AIF berada di Malaysia sebagai negara penyumbang terbesar. Setelah komite ini aktif, maka negara ASEAN termasuk Indonesia akan segera mengajukan proyek infrastruktur yang akan didanai.

Selain proyek pemerintah negara ASEAN AIF juga dapat dimanfaatkan untuk membiayai proyek yang dijalankan dengan kerja sama pemerintah swasta atau private public partnership.



Source: Financeroll
Share this Article on :

0 comments:

Post a Comment

Latest News

 

© Copyright KABAR MARKET 2011 | Powered by Blogger.com.